Sabtu, 29 Januari 2011

Jenis - Jenis Virus

Virus termasuk makhluk mikroskopik yang berukuran sangat kecil. Dinamakan makhluk mikroskopik karena hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop. Virus adalah parasit yang merugikan. Virus menginfeksi sel organisme biologis dan berkembang biak dengan memanfaatkan sel makhluk hidup yang diinvasinya.
Jenis-jenis virus yang menginfeksi organisme biologis dibagi menjadi tiga. Ada virus yang menginfeksi manusia, hewan, dan tumbuhan.
Virus pada Manusia
Virus yang menjangkit pada manusia jumlahnya banyak. Berikut beberapa jenis virus yang menginfeksi manusia.
1. HIV (Human immunodeficiency virus)
Virus ini sangat berbahaya. HIV adalah jenis virus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia dan merusak fungsi sistemnya. Dampak dari serangan virus ini adalah berkurangnya sistem kekebalantubuh dengan cepat. HIV merupakan penyebab munculnya penyakit AIDS. Virus ini menular melalui hubungan kelamin, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, serta pada bayi saat dalam kandungan jika ibunya terjangkit HIV.
2. Virus Flu Burung (Avian influenza virus)
Virus ini dikenal dengan sebutan H5N1. Virus yang menginfeksi manusia ini berasal dari unggas yang terinfeksi influenza. Virus ini sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya.
3. Virus Demam Berdarah
Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus yang disebutFlavivirus. Virus ini disebarkan pada manusia melalui gigitan nyamukAedes aegypti. Orang yang terinfeksi virus ini mengalami gejala seperti demam tinggi yang disertai ruam pada kulit yang berwarna merah terang. Gejala lainya adalah mual, pusing, dan berkurangnya jumlah trombosit dalam darah. Jika tidak diobati dengan segera, penyakit akibat virus ini dapat menyebabkan kematian.
4. Virus Varicella zoster
Virus ini adalah virus yang menyebabkan penyakit cacar air. Orang yangterkena virus ini akan mengalami gejala seperti demam, timbul gelembung-gelembung bernanah pada kulit wajah,tangan, kaki, dan seluruh tubuh. Penyakit ini dapat menular pada orang lain melalui kontak langsung, bersin, atau batuk.
Virus Pada Hewan
Selain pada manusia, virus juga menyerang hewan. Di antara jenis virus itu adalah sebagai berikut.
1. Virus Rabies
Virus ini menyerang hewan seperti anjing, kucing, dan kelelawar. Hewan yang terkena virus rabies hanya sebagai pembawa saja. Virus ini lebih berbahaya jika tertular pada manusia. Virus ini menyerang manusia melalaui gigitan atau jilatan hewan yang terjangkit rabies.
2. Virus Paramyxo
Virus ini penyebab penyakit tetelo atau newcastle deases pada ayam.Ayam yang terkena virus ini akan mengalami gangguan pernapasan. Penyakit ini dapat mempengaruhi kualitas telur pada ayam.
Virus pada Tanaman
1. Virus Tembakau
Virus ini menyerang tanaman tembakau. Tobacco mosaic virus adalah virus yang menyebabkan penyakit pada tembakau dan jenis tumbuhanterong. Tanaman tembakau yang terkena virus ini akan mengalami bercak-bercak kuning pada daun. Bercak-bercak ini menyebar seperti mosaik. 
2. Virus Batang Padi
Virus yang menyerang batang tanaman padi ini namanya Tungro. Virus ini menginfeksi tanaman padi dan merusak batang tanaman padi. Akibat serangan virus ini, tanaman padi menjadi rusak dan kering.  Virus ini disebarkan oleh vektornya, yaitu wereng hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar